Senin, 09 Februari 2009

Ikan Cupang (Betta sp.)

Adalah ikan air tawar yang habitat asalnya adalah berasal dari beberapa negara di Asia tenggara yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam dll., mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan agressif dalam menjaga wilayahnya. Bagi para Hobiist saat ini Ikan Cupang umumnya di bagi dalam Tiga golongan yaitu Cupang Hias (Cupang Kontes), Cupang Aduan dan Cupang Liar (yang
di ambil langsung dari habitat aslinya).

Ikan Cupang merupakan ikan yang sangat kuat dalam hal bertahan hidup sehingga jika di tempatkan di wadah atau tempat dengan volume air yang sedikit dan tanpa ada alat sirkulasi udara ( Aerator ) dia dapat bertahan hidup.

Jenis-jenis
Perkembangan variasi dari segi bentuk dan warna pun sangat pesat dalam beberapa generasi
terakhir, generasi saat ini terdapat beberapa jenis yang paling terkenal yaitu :

Cupang Hias
Cupang Hias dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu :

* Halfmoon

Cupang jenis ini sangat indah sekali dipandang mata, memiliki sirip dan ekor yang lebar dan simetris sehingga seperti 1/2 Bulan sehingga di namakan Halfmoon dan memiliki warna yang sangat mengesankan karena jarang sekali di miliki oleh jenis ikan air tawar lainnya. Berasal dari peternak Cupang di Amerika bernama Peter Goettner pertama kali di budidaya pada tahun 1982.


* Serit / Crowntail
Cupang jenis ini pertama kali di budidayakan oleh seorang ahli peternak Cupang dari Indonesia yang beralamat di jalan Haji Ten, Jakarta Timur yaitu Bapak Ahmad Yusuf dan merupakan jenis asli budidaya dari Indonesia. Ciri utamanya adalah sirip dan ekornya yang menyerupai sisir sehingga di namakan Serit, pertama kali muncul pada tahun 1998 dalam ajang kontes di Mal Pondok Indah dan jenis ini merupakan Cupang kebanggaan para peternak dari Indonesia.

  © Email : ikanqu@gmail.com CopyLeft @ ikan-online.blogspot.com 2009

Back to TOP